►II. MENULIS SISTEM & SOUNDS

►II.1. ASAL DARI SISTEM PENULISAN


Seperti banyak alfabet kuno lainnya di Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Selatan, alfabet Arab berasal dari versi alfabet Aram yang dimodifikasi. Orang Arab pra-Klasik awalnya memiliki tradisi alfabet independen mereka (misalnya bahasa Arab Epigraphic Selatan), namun orang-orang Nabasia (yang adalah orang Arab Aramized) memperkenalkan versi Arab pra-Klasik versi alfabet Aram, dan alfabet Nabatea ini berkembang menjadi (Klasik ) Alfabet Arab, yang masih digunakan sampai sekarang.
Kunjungi juga:Kursus Bahasa Arab Di Pare
Dengan penyebaran Islam, alfabet Arab telah diadopsi oleh banyak umat Islam untuk menulis bahasa mereka sendiri.

Sebelum abad ke-7 Masehi, alfabet Arab hanya memiliki 18 simbol yang mewakili 31 suara (28 konsonan dan tiga vokal panjang ā, ū, ī). Tiga vokal pendek a, u, saya tidak memiliki simbol untuk mewakili mereka secara tertulis. Pada abad ke 7 Masehi, sebuah sistem titik (disebut ʔiʕǵȃmuṋ إعجام) diperkenalkan untuk menunjukkan secara jelas semua konsonan dan vokal bahasa Arab Klasik.
Kunjungi juga:Kursus Bahasa Arab Di Pare
Banyak orang Arab modern percaya bahwa sistem ini ditemukan oleh Abȗ ʔ · al-ʔAswadi ʔ · ad-Duʔaliyyu أبو الأسود الدؤلي, pendamping khalifah ʕAliyy; Namun sarjana Barat percaya ini adalah tuduhan palsu yang ditemukan oleh ahli filologi kemudian dari sekolah Baṣra Klasik linguistik.

Sistem awal titik dimodifikasi pada abad ke-8 oleh ahli bahasa terkenal ʔ · Al-Xalȋlu bnu ʔAħmada ʔ · al-Farȃhȋdiyyu الخليل بن أحمد الفراهيدي. Dalam sistem baru yang diperkenalkan oleh ʔ · Al-Xalȋl, titik-titik yang mengindikasikan huruf vokal pendek dan huruf gemulai digantikan oleh tanda diakritik yang memiliki bentuk huruf Arab kecil yang ditempatkan di atas atau di bawah huruf. Sistem ini tetap digunakan sampai saat ini tanpa perubahan substansial.

►II.2. ALFABET


Dengan titik-titik itu, huruf Arab adalah 28. Awalnya huruf-huruf ini semua berdiri untuk konsonan.

Kolom pertama di sebelah kiri menunjukkan huruf Arab dalam bentuknya yang terpisah atau independen. Tidak ada huruf besar dan huruf kecil untuk huruf Arab.
Kolom kedua menunjukkan nama Arab untuk huruf-hurufnya. Nama-nama ini tidak memiliki etimologi dalam bahasa Arab. Mereka hanya merusak nama Aram yang asli.
Kolom ketiga menunjukkan simbol yang akan saya gunakan untuk menerjemahkan kata-kata Arab. Simbol ini sebagian besar sama dengan simbol ekuivalen dalam International Phonetic Alphabet (IPA).
Kolom keempat menunjukkan bunyi huruf dalam bahasa Arab Standar Modern. Itu tidak secara resmi didefinisikan tapi mewakili pengucapan umum.

Urutan huruf Arab di atas meja adalah modern. Dahulu, surat-surat tersebut memiliki perintah yang serupa dengan alfabet yang diturunkan oleh Kanaan lainnya:

أ ب ج د ه و ز ح ط ي ك ل م ن س ع ف ص ق ر ش ت
ث خ ذ ض ظ غ

►II.2.A. DOT TERMINOLOGI


Dalam literatur Arab Klasik, kata sifat muʕǵamuṋ معجم menggambarkan huruf-huruf bertitik غ ظ ض ش ز ذ خ. Kata sifat muhmaluṋ مهمل menggambarkan rekan-rekan mereka tanpa titik ع ط ص س ر د ح. Kata sifat muwaħħaduṋ موحد menggambarkan huruf ب, muθannaṋ min fawqiṋ مثنى من فوق menggambarkan huruf ت, muθannaṋ min taħtiṋ مثنى من تحت menggambarkan huruf ي, dan muθallaθuṋ مثلث menggambarkan huruf ث.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

►II.7. DIASIAT NASIHAT

Tata Bahasa Arab 2